11 November, 2006

review: Ketika Cinta Berbuah Surga

Penulis: Habiburrahman El Shirazy
Penerbit: Republika
Saya termasuk orang yang skeptis untuk membaca buku-buku novel atau cerpen islam/islami, karena kebanyakan menurut saya nggak terlalu realistis seperti halnya beberapa sinetron&film indonesia.
Waktu pertama melihat nih buku, begitu pandangan saya. Tapi, akhirnya mau coba untuk cek isinya. Such as old quote "don't judge books by its cover", i try to read it.
Seperti biasa, kalau ingin membeli buku ada 5 tingkatannya sesuai dengan prioritas saya, apakah tuh buku layak untuk dibeli atau tidak:
1. Tema tuh buku tentang apa, jelas atau tidak plus baca reviewnya di bagian belakang buku (kalau ada).
2. Penulisnya siapa, kompeten dan reliable nggak?
3. Cek daftar isinya, apa sesuai dengan judulnya. Karena nggak jarang ada buku yang menurut saya nggak nyambung isi dengan judulnya.
4. Baca prolog, kata pengantar, atau salah satu babnya dulu (minta ijin dan minta tolong penjaga toko buku untuk membukanya)
5. Lihat sampulnya. Untuk yang ini sifatnya menurut saya tentatif, karena bisa aja ada buku yang sampulnya gak menarik tapi isinya mantap dan berbobot, begitu pun sebaliknya.
Nah! ini buku menurut saya layak banget untuk dibeli. ternyata isinya tuh kisah-kisah di jaman Rasulullah yang menggugah, menyentil, menyentuh (apa lagi ya?) pokoknya kalau bahasa kerennya berbicara masalah sisi-sisi manusia dengan kemanusiaannya di kehidupan sehari-hari, dengan segala kesederhanaan, kerendah hatian, kebijaksanaan yang semuanya berinti pada yang namanya CINTA (dalam artian universal yaa...).
Menjadi orang pinter tuh nggak sulit, tapi menjadi orang cerdas dan baik plus bijaksana, itu baru SULIT!!! ya iyya lah...
so, read it! bacalah! iqra!
u'll gonna find pieces of wisdoms there :)
cheers,

1 comment:

  1. aku pengen ketemu ama kang abik langsung?? aku jg pngen nyantri d sana tuh di psntren Basmala,,, bisa nggak ya???

    ReplyDelete

jika mampir dan sempat membaca, silahkan sejenak berkomentar...terima kasih ^_^