21 April, 2007

Pemaksaan

Pagi ini saya mendengar berita BBC di SMART FM mengenai pemaksaan penggunaan hijab (jilbab) bagi wanita di Teheran, Iran. Mendengar kata memaksa sudah tentu terkait dengan kekerasan, dalam peristiwa ini lebih cenderung ke kekerasan psikologis atau mental yang dapat saja memicu kekerasan fisik. Yang lebih lucu di beberapa negara lain terjadi pelarangan berhijab (berjilab). Paradoks kan???

Ngomongin masalah hijab atau apapun lainnya yang terkait dengan keyakinan atau bahasa kerennya "ideologi" nggak akan ada habisnya kalau masing-masing pihak yang memiliki beragam mazhab dan keyakinan saling memaksakan apa yang diyakini. Terus terang masalah keyakinan adalah salah satu hal yang sulit dikompromikan. Tiap individu memiliki nilai-nilai yang dianut berdasarkan pengalaman dan proses hidup yang dilalui, dua hal tersebut yang mempengaruhi pemahaman dan pola pikir lalu berujung pada keyakinan.

so, nggak perlu dipaksa bukan?

2 comments:

  1. yups, setuju bangeds...
    mampir ya kalo ada waktu.

    salam

    ReplyDelete
  2. kasus ini juga terjadi di Turki loh ukh, lg anget2nya.. dmn sekularisme lagi pasang aksi dsana, membawa risalah at-turk, bpkny Turki sekular. Yang notabene anti ma jilbab..wiihhh..kita doakan sj saudari2 kita agar ttp istiqomah .. :)

    ReplyDelete

jika mampir dan sempat membaca, silahkan sejenak berkomentar...terima kasih ^_^