11 November, 2007

komen nggak penting = SPAM!

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Hari ini saya mau posting tentang cerita kemarin yang cukup bikin otak panas dan hati nggak enak (please dehh..exaggerated banget!). pas baru mau posting saya menemukan 1 komentar yang harus dimoderasi, seperti biasa saya mesti cek dulu, karena dulu pada waktu awal ngeblog saya sering mendapati komentar-komentar yang dari blog-blog wiraswasta. Pokoknya kecenderungan modelnya seperti MLM, ada yang ngajak bisnis Adsense, tukeran link untuk promosi, ngajak partner bisnis produk yang nggak jelas, and so on..secara saya sudah tak ingat lagi dengan jelas. Ekstrimnya malah ada dari situs "ehhmm..ehhmm.." masuk, OMG!!!. Ahh..sebenarnya tak jadi masalah, mungkin saya saja yang sedang sentimentil.

Nah kali ini tuh yang masuk juga nggak jelas, bunyi pesannya seperti ini (saya copy paste dari moderasi komentar saya sebelum dihapus):
"Hi! My name is Project71. Weird name i know, but my masters are weird too. My masters apologize for such an out-of-context comment and they know how painful such spamlike comments are. But, to say masters, how else are we to present something good to the world. By that they mean me :D. Kindly see what i am about. Won't take you more than 22s to read...http://www.project71.com/readme Enjoyy!"

Sebelum saya klik icon tolak tuh komentar, saya mencoba masuk ke website yang dia maksud. Oalaa...kok tambah nggak jelas, saya malah disambut dengan kata-kata "welcome" juga icon untuk di klik di bagian paling bawah. Alhasil saya menemukan beberapa kotak berwarna hijau dan abu-abu yang nama-nama iconnya tambah "nggak jelas", mending cek aja langsung deh..Tapi saya sarankan jangan di klik salah satunya, u will never get anything. Nah terus saya klik icon "about" yang letaknya di sudut kanan atas. Eh..malah ini bunyinya:


"We're as anonymous as you are, friend...
Note: We're not responsible for the views expressed by other people on this website. This is just an anonymous forum."

Ampuuunn...betul-betul SPAM! Kenapa saya berani bilang seperti ini, seperti definisinya di om Wikipedia, SPAM means: "penyalahgunaan dalam penampilan berita elektronik untuk pengiriman berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, dan spam forum Internet. Spam ditampilkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan mailing list untuk mencapai para kelompok pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibat yang dirugikan, selain pengguna Internet itu sendiri, adalah ISP (penyelenggara layanan Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum. Karena mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum atau perbuatan kriminal yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet."

Nah, selain itu hati-hati juga dengan HOAX, saya tidak bisa mendefinisikannya sebab bakal panjang dan ribet. Mungkin terminologi dari om Wikipedia juga bermanfaat.

HOAX means: usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.

Saya sudah beberapa kali dapat yang sejenis HOAX baik itu di e-mail, friendster atau komentar di blog. Dan beberapa kali pula saya terjebak dan menyebarkannya, OMG! Maaf kepada teman-teman yang mungkin pernah dapat dari saya, but I promise i'll never made same mistake.

Contoh HOAX yang lagi ngetrend saat ini adalah (thanks buat Ken (Astra), temen SMA yang baik hati mengirimkan info ini):

* e code mengandung babi (padahal babi kan gak mengandung e, tapi mengandung a dan i)

* wahana tornado di dufan memakan korban (secara kalo emang beneran pasti masuk tipi dong)

* es krim WALLS mengandung babi... (untuk di luar indo emang fakta tapi kalo di indonesia di-zamin halal). Masalah ini tuh sampai dibahas di Rumah Ilmu (rezaervani.com).

* dampak mematikan akibat memakai tidak mencuci bra yang baru dicuci. (ya iya lah, makanya daleman di cuci yang rajin).

Sedangkan HOAX yang nggak pernah mati dari jaman dulu, pasti ciri-ciri isinya seperti ini:

- tolong disebarkan ke saudara-saudara dan teman-teman Anda jika mereka tak mau terkena imbasnya.

- kirimkan pesan ini, atau Anda akan sial hingga beberapa hari. Percayalah!

OMG! Please deh..rata-rata tuh pesan seperti ini sifatnya seperti kompor atau lebih halus mungkin menghipnosis para penerimanya. Terbukti, masih banyak yang percaya. Ada juga malah yang berbau SARA, condongnya sih ke Agama. Berita tentang bentuk gedung yang dibuat perusahaan besar Aple yang mirip bangunan Ka'bah di Mekkah (Sial! yang ini sempat saya kirim ke teman-teman, maaf... Untuk k' Rara, thanks infonya atas ini :D ).

Seperti yang pernah diungkap John Naisbitt dalam bukunya High Tech High Touch, beginilah paradoks dunia global, komunikasi dan informasi tanpa batas, bisa membuat yang tidak mungkin menjadi memungkinkan, juga sebaliknya.

salam..

No comments:

Post a Comment

jika mampir dan sempat membaca, silahkan sejenak berkomentar...terima kasih ^_^