27 November, 2007

memaknai ketulusan

mungkin saya memang perlu belajar lebih memaknai ketulusan
untuk melepas beban dan penat menjadi sebuah kenikmatan

belajar dari pak Kalim, satpam kantor yang tak kenal lelah menunggu saya lembur bekerja, terkadang hingga tengah malam untuk menuntaskan deadline
tak sekali pun marah, senyumnya tetap saja terpancar
mendengarkan ceritanya kala saya menunggu taksi pesanan menjemput
lalu menemani dan mengangkat bawaan saya masuk
berulang-ulang, tak pernah mau diberi uang

padahal saya tahu, orang-orang seperti dia dalam kondisi butuh
untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya

pagi-pagi dia sudah menyapa dan memberikan semangat
katanya untuk ukuran orang baru saya cukup rajin

tapi saya belajar dari Bapak,
untuk setiap keluh dan peluh atas rutinitas yang sedang saya jalani
adalah tak pantas

seperti menemukan kembali sosok seorang bapak
begitu bijaksana dan bersahaja

terima kasih...

6 comments:

  1. Nebak : si bapak orang jawa ya?
    Akhir2 ini saya lagi kagum sama orang jawa. Soalnya kayak yg udah genetika kalo mereka tuh membuat kita merasa damai kalo sedang ngajak ngobrol.

    ReplyDelete
  2. Salam buat Pak Kalim ya say...
    Gue juga belajar banyak tentang dia, meski dari tulisan lo :)

    ReplyDelete
  3. Salam hormat utk Pak Karim, beliau telah menjalankan tugasnya dengan baik ^_^

    ReplyDelete
  4. hmm... kadang mereka-mereka itu lebih bijak dari kita yang telah banyak sekolah dan belajar. hehehehe...

    ReplyDelete
  5. mmm.. yup...dari sesuatu yang menurut orang lain biasa aja...dari situ terdapat makna yang luar biasa....., pas baca ingat juga yang sering terjadi di sekeliling ku.....namun luput untuk mencari makna ketulusunnya
    Keep fight to sis

    ReplyDelete
  6. 4 kang agah: bener kang, org jawa. lho kok jd primordial???hehe...

    4 pritha: iya, ntar ta' slmin say, tp bpk psti bingung.hehe...he give me life lesson more

    4 iko: p' kalim say, p' karim tuh pakar ekonomi islam,hehe..(*bpk psti bingung lg dpt slm)

    4 alifiah: yup! krn mrk bljr dr sekolah kehidupan yg bnr2 mngajarkan manusia utk bijaksana :)
    (*sok tua ah!)

    4 nurul: bnyk hal2 sderhana di dunia, tp ktika kita bs menyibakkannya lbh bnyk makna yg didpt.yeah!!!

    ReplyDelete

jika mampir dan sempat membaca, silahkan sejenak berkomentar...terima kasih ^_^